2017年1月17日星期二

Otodidak | Lancar Berbicara Bahasa Inggris Tanpa Guru (Kesimpulan)

Kesimpulan! Inilah artikel yang mungkin lebih sesuai untuk Anda jika Anda bingung dengan uraian panjang lebar saya di artikel saya yang pertama. Tapi maaf, artikel kedua ini dibuat tanpa gambar sama sekali karena diharapkan Anda bisa menggambarkannya sendiri ... hahahha ... dan sekali lagi maaf, artikel ini sangat serius ...

Tanpa guru tidak berarti tanpa uang. Justru Anda harus siap mengeluarkan uang. Harus siap menghadapi kesulitan tanpa seorang pemandu dan terus mencari dan mencari hingga mencapai tujuan Anda.

Belajarlah Mencintai Bahasa Inggris Sejak Dini
Kalau Anda mencintai sesuatu atau seseorang pasti Anda akan mempertahankannya untuk diri Anda. Bahkan Anda mau menghabiskan waktu berjam-jam tiap hari, menghabiskan uang berjuta-juta, melakukan pengorbanan apa saja untuk sesuatu atau seseoang yang Anda cintai. Pengorbanan Anda -- apa pun bentuknya -- akan berbuah kebahagiaan dan keberhasilan.

Gunakan Buku Yang Bagus dan Sesuai
Anda tidak perlu menggunakan -- atau berganti-ganti -- banyak buku karena itu hanya akan membuang waktu, uang dan tenaga Anda. Tentukan satu metode -- syukur 1 metode cukup dengan 1 buku -- dan selesaikan metode itu hingga tuntas. Jika terpaksa 1 metode menggunakan beberapa buku -- umumnya 4 atau 6 -- gunakan separuhnya saja. Jangan berganti dari satu metode ke metode lainnya. Karena Anda akan berada di titik awal terus. Seperti membina hubungan dengan seseorang kekasih maka jangan suka berganti-ganti kekasih. Karena setiap kali berganti kekasih maka Anda akan memulai hubungan dari awal lagi dan tidak pernah tuntas.

Buatlah Jadual Belajar Rutin
Seseorang memerlukan rutinitas. Memerlukan pengulangan-pengulangan agar memahami sesuatu. Makan saja diulang-ulang setiap hari, supaya Anda tahu fungsi makan membuat tubuh Anda sehat dan tumbuh berkembang. Anda mengalami perubahan. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris memerlukan jadual rutin sehingga Anda bisa mengulang-ngulang kata-kata, kalimat-kalimat, pelajaran-pelajaran sehingga Anda menjadi benar-benar paham dan jelas mengenai sesuatu pembahasan. Kemampuan berbahasa Inggris Anda tumbuh dan berkembang. Jika Anda punya kekasih, Anda juga memerlukan kunjungan berulang-ulang ke rumah kekasih Anda, agar cinta Anda berdua bisa tumbuh dan berkembang. Camkan hal ini!

Tentukan Tujuan
Seperti sekolah, tidak harus seseorang kuliah D-3 atau kuliah S-1 atau bahkan menjadi profesor. Anda bisa menentukan apakah Anda hanya akan sampai SMP saja atau SMA saja. Seterusnya Anda perlu mengamalkan ilmu yang Anda miliki. Dan syukur-syukur bisa sambil mengembangkannya dalam hidup. Belajar bahasa Inggris juga demikian. Anda tidak harus mencapai tingkat menengah (intermediate) atau tingkat mahir (advanced). Jika Anda rasa pada tingkatan dasar lanjut (pre-intermediate) sudah mencukupi maka Anda tinggal mempraktekannya dalam pergaulan sehari-hari. Dan ada kemungkinan kemampuan dan keahlian Anda akan terasah melalui pergaulan tersebut dan bisa mencapai tingkat mahir (advanced) tanpa Anda sadari. Jika Anda mencapai tingkatan mahir (advanced) dengan cara ini, bisa diibaratkan Anda memperoleh gelar doktor honoris causa tanpa kuliah.

Bertanya Jika Tidak Tahu
Jangan malu-malu bertanya jika menemukan hal-hal yang Anda tidak tahu mengenai bahasa Inggris kepada orang-orang yang Anda anggap lebih tahu dan lebih pintar bahasa Inggris. Anda bisa mulai pergaulan dengan beberapa guru bahasa Inggris atau praktisi -- guide, penerjemah, interpreter -- bahasa Inggris yang sudah berpengalaman. Atau jika Anda tetap malu, Anda bisa bertanya kepada simbah "Google". Tapi jangan coba-coba ketik "di mana kucing saya yang hilang" karena simbah "Google" tidak akan bisa menjawabnya! 

Situasi Adalah Konteks
Praktek bahasa adalah sesuatu yang penting dan mendasar. Kegagalan seseorang dalam belajar bahasa Inggris biasanya karena tidak pernah melakukan praktek. Tidak mungkin seumur hidup Anda hanya akan belajar dari buku saja tanpa melangkah ke alam praktek. Tidak mungkin seorang yang mempelajari resep-resep membuat kue-kue dan masakan yang lezat dan Anda bisa mengingat ribuan resep masakan dari dalam dan luar negeri tetapi tidak pernah benar-benar membuatnya sehingga Anda bisa dikatakan sangat mahir. Ingat, resep di buku tidak ada rasanya. Ketika dipraktekan dan dibuat baru ada rasanya. Begitu juga dengan bahasa asing. Ketika mempraktekan bahasa ibu atau bahasa sendiri, Anda sudah memahami situasinya. Sehingga kesalahan Anda akan menjadi minimal. Begitu juga ketika Anda menggunakan bahasa Inggris, maka ketika membicarakan suatu tema, konteksnya akan selalu sama dengan salah satu situasi yang akan Anda hadapi dalam bahasa ibu kita. Intinya, tidak ada sesuatu yang baru yang akan kita hadapi. Semuanya sama saja hanya bahasa yang digunakan berbeda. Maka ketika Anda belum mahir sekali -- atau kekurangan kosa kata -- yang harus Anda lakukan adalah memahami konteksnya. Sehingga Anda memahami situasinya.

Jadikan Bahasa Inggris Bahasa Pilihan Anda
Anda harus memilih bahasa Inggris sebagai bahasa pilihan Anda dalam kehidupan sehari-hari. Ketika menggunakan ATM, sosial media, menggunakan software di komputer, browsing di internet, menyanyikan lagu-lagu, membaca buku, membaca majalah, membaca surat, membaca surat kabar, mendengarkan radio, menonton video. Dan semua itu sebaiknya menggunakan bahasa Inggris. Dan jika ini terjadi setiap hari maka ini adalah pembiasaan yang baik. Seolah-olah Anda tinggal di sebuah negara berbahasa Inggris karena setiap hari Anda harus melakukan segala sesuatunya dalam bahasa Inggris. Ketika berinteraksi dengan mesin seperti ATM, gunakan bahasa Inggris. Ketika menggunakan gadget handphone, tablet, netbook; setel semuanya dalam bahasa Inggris. Ketika memakai software, pilih bahasa Inggris sebagai bahasa software Anda. Begitu seterusnya.

Buatlah Proyek Pribadi
Anda bisa melakukan proyek-proyek pribadi untuk mengasah bahasa Inggris Anda.  Misalnya menterjemahkan lagu-lagu barat ke dalam bahasa Indonesia atau sebaliknya. Atau menulis artikel sebanyak 2 atau 3 halaman dalam bahasa Inggris dan sebagainya. Jika Anda cukup percaya diri dengan kemampuan Anda, lakukan proyek-proyek yang bisa menghasilkan uang. Misalnya, membuat jasa terjemahan abstrak bagi mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi atau tesis dengan tarip tertentu. Hingga hari ini saya pun masih membantu para mahasiswa untuk menterjemahkan abstrak ke dalam bahasa Inggris. Abstrak adalah pekerjaan yang sangat ringan karena biasanya hanya terdiri dari beberapa paragraf saja. Dan hasilnya juga lumayan. Satu lembar bisa bernilai pekerjaan tukang setengah hari kerja yang bisa diselesaikan hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Tidak Terpengaruh Situasi atau Keadaan
Ketika bahagia, sedih, gembira atau marah; Anda tetap harus belajar terus bahasa Inggris.

Bergaul dan Berkomunikasi Rutin Dengan Bahasa Inggris
Anda bisa membuat akun facebook baru dan mencari kenalan sebanyak 5 hingga 10 orang saja dari beberapa negara berbahasa Inggris: Amerika, Kanada, Australia dan Inggris. Kemudian, amati status-status mereka. Jika Anda belum berani berkomentar minimal Anda bisa memahami status mereka dan komentar teman-teman mereka atas status mereka. Anda bisa ikut berkomentar dengan emoticon saja ... hahahaha ... setelah 2-3 bulan, Anda sudah terbiasa dengan status dan komentar dalam bahasa Inggris dan Anda akan mulai ikut berkomentar.

Bekerja di Lingkungan Berbahasa Inggris
Tidak harus di hotel berbintang atau hotel berstandar internasional. Tidak juga harus di restoran internasional. Anda bisa menjual cenderamata murahan kepada orang asing atau menjadi tukang becak di kawasan turis (seperti di Yogyakarta). Di Yogyakarta hampir semua tukang becak dan tukang andhong (yang mengendalikan kereta kuda) bisa berbahasa Inggris padahal mereka hanya belajar bahasa Inggris di tingkat paling rendah (Low Level English).

Mengkoleksi Bahan Bacaan Berbahasa Inggris
Kadang-kadang Anda tidak perlu membaca keseluruhan buku-bukunya tetapi Anda bisa belajar kata-kata baru cukup dari judul-judulnya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ya, bahkan judul sebuah buku saja bisa mengajarkan kepada kita kosakata baru dalam bahasa Inggris.

Tinggal di salah satu negara berbahasa Inggris
Ini tidak perlu. Ini tidak penting. Di jaman internet ini semua yang ada di negara-negara lain bisa kita nikmati dari negara kita sendiri dengan biaya murah. Anda bisa mendengarkan siaran radio 24 jam sehari dalam bahasa Inggris dari Eropa, Amerika, Kanada atau Australia tanpa harus hidup di sana. Tapi, saya kan menginginkan suasana yang berbeda! Mungkin hati dan pikiran Anda memprotes pernyataan di atas. Kalau hanya menginginkan suasana berbeda, Anda cukup pergi ke Bali selama beberapa hari atau beberapa minggu. Di sana suasananya seperti di negara-negara barat. Tidak ada bedanya. Ingat, negara kita adalah negara yang terindah di muka bumi ini. Dan kita bisa menikmati layanan mahal negara ini dengan gratis. Orang-orang asing saja mengeluarkan biaya mahal dan menabung selama bertahun-tahun untuk bisa menikmati alam Indonesia ini.

Pilihan Terakhir
Ini bukan merupakan cara pilihan saya. Biasanya yang mengambil pilihan ini adalah orang-orang Eropa dan Amerika. Jika mereka ingin bisa berbahasa asing -- seperti Thailand, Korea, Jepang atau Cina -- maka mereka akan belajar "survival language"-nya dulu dan kemudian datang ke negara pilihan. Setelah mereka sampai mereka akan mencari kekasih. Jadi mereka bisa belajar dari kekasih mereka yang native speaker bahasa Thailand, Korea, Jepang atau Cina. Bahkan jika mereka berfikir bahwa kepentingan mereka adalah jangka panjang -- misalnya menjadi penerjemah atau guru atau penulis buku, maka mereka akan menikah dengan kekasih mereka. Maka jika ini juga menjadi pilihan Anda, mulailah membina hubungan menjadi kekasih seseorang dari negara-negara berbahasa Inggris. Kalau pun, Anda tidak sampai ke jenjang pernikahan, Anda sudah memiliki guru native speaker gratis selama Anda menjalin hubungan sebagai sepasang kekasih.

Pantang Mundur Jika Terjadi Salah Paham
Jika dalam bahasa Indonesia saja, Anda bisa mengalami "salah paham" dengan sesama orang Indonesia, maka dalam bahasa asing -- seperti bahasa Inggris -- jika Anda mengalami lebih banyak salah paham, itu adalah NORMAL dan BISA DIMAKLUMI. Dan kesalahpahaman ini tidak boleh menyurutkan langkah Anda untuk terus belajar dan mempraktekan bahasa Inggris.